Tuesday, November 1, 2016

Berbekal Kesukaan Berpetualang



Jika kita mendengar kata jurnalis hal yang pertama kita pikirkan adalah berita. Menjadi seorang jurnalis memang bukanlah yang mudah bagi masing-masing orang. Bekerja sebagai seorang jurnalis memang melelahkan, dari mulai mencari berita, melaporkan berita, belum lagi saat kita melakukan liputan langsung ke lapangan. Seorang jurnalis dituntut untuk mampu bersentuhan dengan beragam realitas yang ada disekitar lingkungan. Berita ataupun informasi yang di sampaikan oleh seorang jurnalis bukan hanya sekedar berita, namun harus tahu apakah berita itu layak untuk di publikasikan atau tidak. Menjalani pekerjaan sebagai seorang jurnalis memang membutuhkan mental serta fisik yang kuat, karena disitulah tantangan terberatnya menjadi seorang jurnalis. Selama kita melewati tantangan tersebut, disitu juga kita belajar untuk mengenal lebih dalam seni kehidupan didalam masyarakat. 

Sekarang ini saya masih berstatus sebagai mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2013 disalah satu universitas swasta di Jakata, Universitas Bakrie. Saya memilih peminatan jurnalistik. Saya memiliki keinginan atau cita-cita menjadi seorang jurnalis traveler. Alasan saya yang paling utama memiliki keinginan menjadi seorang jurnalis traveler adalah saya pribadi yang senang menghadapi hal-hal baru yang dapat menambah pengalaman dalam hidup saya. Saya juga senang ketika berhadapan dengan alam bebas. Karena di alam bebas kita juga bisa mengetahu banyak hal mengenai warna-warni kehidupan yang ada di sekeliling kita. Bukan hanya sekedar bisa jalan-jalan kemanapun yang kita inginkan, namun jadi seorang jurnalis traveler saya bisa menambah pengetahui tentang kesenian serta keindahan didunia ini.



Pekerjaan jurnalis traveler juga bisa membawa saya mendapatkan kesempatan untuk pergi ketempat kemanapun yang saya inginkan. Selain itu saya juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh penting bahkan saya bisa berbincang mengenai apapun yang berhubungan dengan pekerjaan saya sebagai jurnalis traveler. Jika nanti saya menjadi seorang jurnalis traveler, tempat yang saya ingin kunjungi untuk pertama kali adalah Pulau Bunaken. Bunaken adalah sebuah pulau di Teluk Manado, yang terletak di utara Sulawesi. Pulau Bunaken terkenal dengan keindahan panorama bawah lautnya di dunia. Berbagai biota laut hidup berdesakan di taman laut Bunaken. Pulau Bunaken sangat cocok dikujungi oleh para wisatawan yang gemar dengan keindahan di bawah laut.



Dengan keindahan alam bawah laut Pulau Bunaken sebagai seorang jurnalis traveler saya ingin menunjukan kepada dunia betapa indahnya keanekaragaman hayati dan budaya di Indonesia, agar masyarakat dunia tahu bahwa Indonesia memiliki banyak keindahan-keindahan lainnya yang sebelumnya masyarakat tidak ketahui. Karena seperti yang kita ketahui kebanyakan para turis mancanegara hanya mengetahui Pulau Bali sebagai tujuan berlibur mereka. Maka dari itu, saya ingin mengenalkan seluk beluk keindahan Indonesia yang masih tersembunyi dari pengetahuan masyarakat dunia. Untuk menjalankan misi saya tersebut, maka saya berkeinginan menjadi seorang jurnalis traveler.



Selain Bunaken saya juga berkeinginan mengunjungi tempat-tempat indah yang ada di Indonesia, misalnya Raja Ampat di kepulauan Papua, Mentawai di Sumatera Barat dan tempat-tempat indah lainnya yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu. Karena sebelum saya meliput keindahan yang dimiliki oleh Negara lain, saya juga harus mengetahui keindahan yang ada di Negara sendiri yaitu Indonesia. Seperti itulah keinginan atau cita-cita yang saya inginkan jika saya menjadi jurnalis traveler. Dimana ada keinginan disitulah ada jalan, raihlah cita-citamu dengan penuh semangat.


No comments:

Post a Comment